Selasa, 25 Juli 2017 

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

logo-kabupaten-kepulauan-siau-tagulandang-biaro-sulawesi-utaragunung-karangetang-sulut

 

 

 

 

 

 

 

 

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, beribukota di Ondong Siau. Pembentukkan Kabupaten Kepulauan Sitaro merupakan sebuah perjuangan bersama antara masyarakat, pemerintah dan Panitia Pembentukan Kabupaten Sitaro yang diketuai oleh Alm. Drs. Jason Denti Sagune. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2007 tanggal 2 Januari 2007 dan diresmikan pada tanggal 23 Mei 2007 sekaligus dengan pelantikan PPS Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Drs. Idrus Mokodompit . Saat ini kabupaten ini dipimpin oleh Bupati Tonny Supit, SE, MM. serta Wakil Bupati Siska Salindeho.

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro memiliki penduduk sejumlah 63.533 jiwa dengan 17.374 Kepala Keluarga. Penduduk pada umumnya bermata pencaharian sebagai Nelayan dan Petani. Terdapat setidaknya tiga etnis yakni: Etnis Siau dan Tagulandang yang dipengaruhi budaya dan adat Etnis Sangihe; serta Etnis Biaro yang dipengaruhi budaya Minahasa. Mayoritas penduduk menganut agama Kristen dan juga Katolik namun terdapat juga penganut agama Islam dan Budha.

 

*Pemerintah Saat ini dipimpin oleh:

  • Bupati           : Tonny Supit, S.E., MM
  • Wakil Bupati  : Siska Salindeho

 

Secara kelembagaan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terdiri dari Sekretariat Daerah dengan tiga Asisten dan enam Bagian; Sekretariat DPRD dengan satu Sekwan dan dua Bagian; sepuluh Dinas; empat Badan; tiga Cabang Dinas dan sepuluh Puskesmas.

 

*Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terdiri dari :

  • 10 Kecamatan
  • 4 Kelurahan
  • 80 Kampung

 

     *Luas Wilayah

Kabupaten Kepulauau Siau, Tagulandang dan Biaro terletak di bagian utara Propinsi Sulawesi Utara yang terdiri dari empat puluh tujuh buah pulau besar dan kecil dimana sepuluh buah pulau diantaranya berpenghuni dan tiga puluh tujuh buah pulau tidak berpenghuni. 80% wilayahnya merupakan lautan dengan panjang garis pantai ±98,6 km dengan luas wilayah 275,96 km2. Terletak pada koordinat: 02º 4′ 13” – 02 52′ 47″ LU dan 125° 09′ 28″ – 125° 24′ 25″ BT.

 

     *Batas-batas wilayah :

  • Utara : Kecamatan Tatoareng Kab. Kepl. Sangihe
  • Timur : Laut Maluku
  • Selatan : Kabupaten Minahasa Utara
  • Barat : Laut Sulawesi

 

       *Kinerja Perekonomian

Dalam periode satu tahun pemerintahan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro sejak peresmiannya, memang belum menampakkan sejumlah keberhasilan yang menonjol di bidang perekonomian masyarakat. Namun demikian, nuansa ototomi daerah yang didukung oleh tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi serta dinamika pergerakan mobilitas usaha penduduk yang cepat dengan mengandalkan potensi sumber daya alam yang sangat menjanjikan, diharapkan ke depan, secara gradual akan terjadi peningkatan beberapa indikator penting sektor perekonomian daerah ini terutama menyangkut pendapatan perkapita, pertumbuhan ekonomi serta Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

     *Pariwisata

Ada beberapa wisata alam yang unik didaerah ini termasuk dua gunung berapi aktif yitu: Gunung Karangetang dan Gunung Ruang. Gunung Karangetang bahkan mendapat gelar The Real Volcano karena super aktifnya. Sepanjang tahun, dapur magma Gunung Api ini menyala terus. dan hal ini menjadi sebuah pemandangan yang unik dan indah di malam hari. Tidaklah mengherankan jika pelaut menjadikannya sebagai patokan berlayar.Gunung Karangetang terletak di Pulau Siau, dengan ketinggian 1.784 m dpl diatas permukaan laut. Gunung ini sangat identik dengan Pulau Siau itu sendiri. Penduduk lokal bahkan akan khawatir jika dalam waktu yang lama gunung adat mereka tidak “batuk-batuk”. Sebab, jika itu terjadi, maka sekali “batuk” akan berakibat fatal. Salah satu hasil karya erupsinya, menyisahkan ukiran batuan vulkanik kampung Bebali. Yang juga bisa dijadikan obyek wisata.