Rabu, 22 November 2017 

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe

logo-kabupaten-kepulauan-sangihe-sulawesi-utaraimg_20111007142658_4e8ea9c29e7b0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000. Ibu kota kabupaten ini adalah Tahuna. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.012,94 km² dan berpenduduk sebanyak 129.609 jiwa (2008).

Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2007, sebagian wilayah Kabupaten Sangihe dimekarkan menjadi kabupaten baru, yaitu Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro yang diresmikan pada tanggal 23 Mei 2007.

Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak di antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Mindanao, (Filipina) serta berada di bibir Samudera Pasifik. Wilayah kabupaten ini meliputi 3 klaster, yaitu Klaster Tatoareng, Klaster Sangihe dan Klaster Perbatasan, yang memiliki batas perairan internasional dengan provinsi Davao del Sur, Filipina.

 

   *Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe :

  • Bupati           : H. R. Makagansa, M.Si
  • Wakil Bupati  : Jabes Ezar Gaghana, SE, ME

 

     *Wilayah Administrasi

  • Kecamatan : 15
  • Kelurahan : 22
  • Desa : 145

 

     *Batas-batas Wilayah

  • Sebelah Utara         : Negara Philipina
  • Sebelah Timur        : Kabupaten Talaud dan Laut Maluku
  • Sebelah Selatan      : Kabupaten Siau Tagulandang Biaro
  • Sebelah Barat          : Laut Sulawesi

 

      *Geografis

Secara geografis wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak antara 2° 4’ 13” – 4° 44’ 22” LU dan 125° 9′ 28” – 125° 56′ 57” BT dan posisinya terletak di antara Kab. Kepl. SITARO dengan Pulau Mindanao (Republik Filipina).

 

      *Ekonomi

Kontribusi sektor primer terutama sektor pertanian mendominasi PDRB dengan kontribusi sebesar 45,1% diikuti sektor tersier dengan kontribusi rata-rata 42,8% dan sektor sekunder rata-rata sebesar 12,1% per tahun. Subsektor yang memberikan sumbangan terbesar pada sektor pertanian adalah subsektor perkebunan dengan kontribusi rata-rata sebesar 26,25%. Beberapa subsektor lain penyumbang PDRB di sektor pertanian adalah perikanan 8,82%, tanaman bahan makanan 3,43%, peternakan 2,06% dan kehutanan 0,02%. Walaupun komoditas-komoditas yang dihasilkan oleh Kepulauan Sangihe relatif sama dengan komoditas yang dihasilkan oleh beberapa wilayah di Mindanao Selatan, faktor jarak yang relatif dekat membuat wilayah Filipina Selatan menjadi alternatif tujuan pemasaran yang penting, disamping Manado dan Bitung yang menjadi tujuan pemasaran selama ini.

       *Pariwisata

Di antara banyak gunung berapi terdapat dua gunung yang berada di perairan cukup dangkal. Salah satunya di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
Banua Wuhu, demikian masyarakat setempat menyebut gunung itu, berada hanya 300 meter dari sisi barat daya Pulau Mahengetang. Titik kepundan gunung ditandai oleh keluarnya gelembung di antara bebatuan pada kedalaman 8 meter. Suhu air rata-rata di sana 37-38 derajat celcius.