Sabtu, 23 September 2017 

Sejarah

Pembentukan BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara pada awalnya berdasarkan SK BPK RI Nomor 01/SK/I-VII.3/1/2006 tentang Perubahan Ketiga atas Surat Keputusan Badan Pemeriksa Keuangan RI Nomor 12/SK/I-VIII.3/7/2004 tentang organisasi dan tata kerja pelaksana BPK RI dengan penamaan Perwakilan XIV BPK-RI di Manado. Kemudian dengan ditetapkannya SK BPK RI Nomor 02/SK/I-VII.3/1/2006 tentang Perubahan Keempat atas Surat Keputusan Badan Pemeriksa Keuangan RI Nomor 12/SK/I-VIII.3/7/2004 tentang organisasi dan tata kerja pelaksana BPK RI penamaan menjadi Perwakilan BPK-RI di Manado.
Kantor Perwakilan BPK-RI di Manado resmi dibuka oleh Ketua BPK-RI, Prof. DR. Anwar Nasution, tanggal 5 Desember 2005 sebagai kantor perwakilan keempat belas sebagai implementasi dari Undang-undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan pasal 3 ayat (2). Kantor Perwakilan BPK-RI di Manado untuk sementara berkedudukan di Jalan Sam Ratulangi Nomor 27 Manado dengan status kantor masih pinjam pakai dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Keadaan ini disebabkan karena belum adanya gedung kantor Perwakilan BPK-RI di Manado milik sendiri.

Perwakilan BPK-RI di Manado bernaung di bawah Auditorat Utama Keuangan Negara IV yang bertugas melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua BPK-RI Nomor 16/SK/1-VIII.3/12/2005 tanggal 22 Desember    2005 tentang penetapan sebagian wilayah pemeriksaan pada Perwakilan BPK-RI di Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Manado dan Jayapura.

Perwakilan BPK-RI membawahi tiga wilayah pemeriksaan yaitu Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Gorontalo.

Sejak ditetapkannya Keputusan BPK RI Nomor 39/K/I-VIII.3/7/2007 tentang tanggal 13 Juli 2007, Perwakilan BPK RI di Manado adalah salah satu unsur Pelaksana BPK, yang berada di bawah AKN VI dan bertanggung jawab kepada Anggota VI BPK melalui Auditor Utama Keuanngan Negara. Perwakilan BPK RI di Manado mempunyai tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kota/Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, serta BUMD dan lembaga terkait entitas tersebut di atas, termasuk melaksanakan pemeriksaan yang dilimpahkan oleh AKN.

Sesuai dengan Keputusan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Nomor 1/K/I-XIII.2/1/2009 tanggal 13 Januari 2009, nama Perwakilan BPK RI di Manado diganti menjadi BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dan dipergunakan hingga saat ini.

BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara saat ini telah menempati gedung kantor sendiri di Jalan 17 Agustus Nomor 4, Manado yang diresmikan oleh Wakil Ketua BPK RI, H. Abdullah Zainie pada tanggal 19 Juni 2008. Saat yang bersama juga telah diresmikannya Rumah Dinas Jabatan dan Mess Perwakilan di Jl. Raya Manado-Tomohon (Kec. Pineleng Kabupaten Minahasa) kurang lebih 6 km dari gedung kantor perwakilan yang baru.

 

kantor-perwakilan