Rabu, 22 Mei 2019 

PELAKSANAAN DIKLAT TEKNIK SAMPLING DAN PERSIAPAN LKPD T.A 2018 PADA BPK PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI UTARA.

28/01/2019 – 10:47

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, melaksanakan kegiatan diklat Teknik Sampling dan Persiapan LKPD T.A. 2019. Kegiatan diklat ini atas kerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara yang dilaksanakan di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dari tanggal 22 s.d 25 Januari 2019, diikuti seluruh auditor pada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, dengan instruktur, I Made Anom Jumitra, S.E, Ak dan Sendy Bayu Aji, M. Ak., Cfra., CA, auditor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Acara dimulai dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh, Ninik Sri Haryanti, S.E (Kepala Sub Bagian SDM), dan dibuka oleh, Amin Adab Bangun, S.E., M. Si., Ak,., CA, Kepala Sub Auditorat Sulawesi Utara II, selaku Plh. Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara

Dalam sambutan pembukaan, Plh. Kepala Perwakilan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman terkait teknik sampling dalam rangka pemeriksaan LKPD T.A. 2018. Diharapkan agar semua peserta mengikuti dengan serius, sehingga para peserta diklat, dapat menerapkan teknik sampling dalam melaksanakan tugas. Dalam pelaksanaan diklat, diharapkan adanya studi kasus, dan dibentuk beberapa kelompok dengan auditor senior menjadi ketua kelompok. Selain itu, diklat selama empat hari ini, dapat memenuhi jam diklat yang dibutuhkan para auditor.

Materi yang diberikan oleh instruktur antara lain, Uji petik dalam pemeriksaan keuangan, yaitu secara statistik dan non statistik (keuntungan sampling statistik dan kondisi tidak memakai sampling statistik); Metode uji petik (uji pengendalian dan uji substanstif); Menetukan ukuran sampel; dan teknik pemilihan sampel. Pada hari terakhir dilakukan ujian secara online melalui e-learning  Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara

Dengan selesainya kegiatan pada hari keempat tanggal 25 Januari 2019,  pelaksanaan diklat Teknik Sampling dan Persiapan LKPD T.A. 2018, dinyatakan berakhir dan ditutup oleh Kepala Perwakilan, Drs. Tangga Muliaman Purba, M. M. Dalam sambutan penutupan antara lain menyatakan bahwa, para peserta diklat sudah mendapatkan teori, sehingga diharapkan dipraktekkan dilapangan, untuk mengetahui dimana kira-kira ada permasalahan dan untuk dapat melihat anggaran mana mempunyai dampak yang dapat menimbulkan resiko.