Sabtu, 17 November 2018 

PELAKSANAAN DIKLAT PENGANTAR PEMERIKSAAN KINERJA BAGI PEMERIKSA PERAN ANGGOTA TIM PADA BPK PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI UTARA.

30/07/2018 – 09:35

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, melaksanakan kegiatan diklat Pengantar Pemeriksaan Kinerja Bagi Pemeriksa Peran Anggota Tim. Kegiatan diklat dilaksanakan di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dari tanggal 23 s.d 27 Juli 2018, yang diikuti seluruh auditor peran anggota tim pada Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, dengan narasumber, Hery Wahyu Wibowo, S.E., M. Bus, Kepala Seksi Litbang Pemeriksaan Kinerja II Direktorat Penelitian dan Pengembangan BPK dan Dewi Sukmawati, S.E., MIM., Ak, Kepala Bidang Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan I Inspektorat Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan BPK.

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara dimulai dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh, Ninik Sri Haryanti, S.E (Kepala Sub Bagian SDM), dan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Tangga M. Purba, M.M. Dalam sambutan pembukaan, Kepala Perwakilan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman terkait pemeriksaan kinerja. Diharpkan agar semua peserta mengikuti dengan seksama, sehingga dapat menambah wawasan dalam melaksanakan pemeriksaan kinerja, yang akan dilaksanakan pada semester II ini.

Pada hari pertama dan kedua, oleh narasumber Hery Wahyu Wibowo, S.E., M. Bus, dengan pokok bahasan yaitu, Konsep Pemeriksaan Kinerja, Metodologi Pemeriksaan Kinerja, Pemeriksaan Pendahuluan (Pemahaman Hal Pokok/Objek Pemeriksaan)  dan Perumusan Kesimpulan Pemeriksaan Kinera. Selanjutnya pada hari ketiga sampai hari kelima, oleh narasumber Dewi Sukmawati, dengan pokok bahasan, Penentuan Kriteria Pemeriksaan, Identifikasi Jenis Bukti dan Metode Perolehan Bukti, Penyusunan Matriks  Desain Pemeriksaan, Pelaksanaan Pemeriksaan Kinerja dan Pelaporan Pemeriksaan Kinerja. Dalam pelaksanaan diklat, selain pemberian materi dari narasumber, juga dilakukan sharing dan tanya jawab serta praktek interview dan dokumentasi KKP.

Dengan selesainya kegiatan pada hari kelima tanggal 27 Juli 2018,  pelaksanaan diklat Pengantar Pemeriksaan Kinerja Bagi Pemeriksa Peran Anggota Tim, dinyatakan berakhir dan ditutup oleh Plh. Kepala Perwakilan, Eko Maulana, S. Kom (Kasubbag Umum dan TI).