Senin, 25 Juni 2018 

KEGIATAN KNOWLEDGE TRANSFER FORUM (KTF) TERKAIT PEMERIKSAAN PADA BPK PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI UTARA.

29/03/2018 – 09:44

Hari Selasa dan Rabu tanggal 27 Maret s.d 28 Maret 2018,  Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, melaksanakan kegiatan Knowledge Transfer Forum (KTF) terkait pemeriksaan dengan tema “Berfikir Sistem (System Thinking) untuk Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan dalam Pemeriksaan, Determinan Kualitas Pemeriksaan Keuangan Negara, Akuntansi Aset Tetap dan Penerapan Capital Charging pada Sektor Publik”. Kegiatan KTF dilaksanakan di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara yang diikuti seluruh auditor pada Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, dengan narasumber, Muhammad Hairil Anwar, Muhammad Hammam, dan Ersan Febrian.

Acara dimulai dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh, Ninik Sri Haryanti (Kepala Sub Bagian SDM). Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara, Tangga M. Purba, dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa dalam kegiatan ini bukan sekedar penyampaian pelajaran yang harus dihafal, namun kita melakukan KTF dalam rangka bagaimana ilmu ditransfer untuk dimanfaatkan, dan akan diaplikasikan dalam tim, sehingga tim harus berfikir secara system. Selain itu ilmu yang diperoleh akan memperkuat dalam melaksanakan pemeriksaan.

Pada hari pertama, terdiri dari dua sesi, dengan sesi pertama oleh narasumber Muhammad Hairil Anwar, dengan materi “Berfikir Sistem (System Thinking) untuk Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan dalam Pemeriksaan”. Sedangkan pada sesi kedua dilanjutkan oleh  Ersan Febrian dengan materi “Determinan Kualitas Pemeriksaan Keuangan Negara. Pada Hari kedua pelaksanaan KTF, dibawakan oleh narasumber Muhammad Hammam dengan materi “Akuntansi Aset Tetap dan Penerapan Capital Charging pada Sektor Publik”.  Setiap penyampaian materi pada hari pertama dan kedua, dilakukan tanya jawab dengan peserta KTF.  Dengan selesainya kegiatan pada hari kedua, pelaksanaan KTF dinyatakan berakhir dan ditutup oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara.