Sabtu, 24 Februari 2018 

BPK PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI UTARA MELAKSANAKAN KEGIATAN MEDIA VISIT BERSAMA MANADO POS GROUP

19/12/2017 – 15:47

Manado, Senin (18 Desember 2017) – Sejalan dengan program public awareness dan visi BPK untuk menjadi lembaga pemeriksa keuangan negara yang kredibel dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar untuk berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan, dibutuhkan adanya kegiatan yang melibatkan segenap pemangku kepentingan (stakeholder) termasuk kalangan media. Untuk itu, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Media Visit, di Gedung Graha Pena Manado Pos Group. Rombongan dipimpin Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Tangga Muliaman Purba, M.M, yang didampingi Kepala Sub Auditorat Sulawesi Utara I, Kepala Sekretariat, Kepala Sub Bagian dan pegawai lainnya.  Sedangkan dari Manado Pos Group, hadir pemimpin Redaksi Manado Pos, dan jajaran Manado Pos Gorup lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemimpin Redaksi Manado Pos, Cesylia Saroinsong dalam sambutan pembukaan acara, antara lain mengatakan, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih dengan kehadiran BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, dan menjelaskan  struktur dan organisasi Manado Pos Group serta memperkenalkan jajaran dari Manado Pos Group yang hadir. Acara dilanjutkan, yaitu paparan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara, mengenai tugas, fungsi dan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, yang antara lain:

  1. Latar Belakang BPK berdasarkan UUD 1945;
  2. Visi dan Misi BPK;
  3. Jenis Pemeriksaan BPK, yang terdiri dari, Pemeriksaan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT)
  4. Tindaklanjut; dan
  5. Kesimpulan

 

Selanjutnya Kepala Sub Auditorat Sulawesi Utara I memaparkan hasil pemeriksaan kinerja semester II Tahun 2017 yang terdiri dari:

  1. Kinerja atas Efektifitas Upaya Pemerintah Daerah Dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru dan Tenaga Kependidikan Yang Profesional Tahun Anggaran 2015, 2016 dan 2017 (Semester I) pada Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tujuan : Menilai efektivitas upaya pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan yang profesional.

Kesimpulan : Upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam pemenuhan  kebutuhan guru dan tenaga kependidikan yang frofesional selama TA. 2015, 2016 dan 2017 (semester I) tidak efektif.

 

  1. Kinerja atas Efektivitas Pengelolaan Obat Dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Tahun 2016 dan Semester I Tahun 2017 pada Pemerintah Kota Bitung dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Tujuan : Menilai efektivitas pengelolaan obat dalam Penyelenggaraan Program JKN pada Dinas Kesehatan dan Puskesmas serta RSUD.

Kesimpulan : Pemerintah Kota Bitung dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan kurang efektif melakukan pengelolaan obat dalam penyelenggaraan JKN Tahun 2016 dan semester I Tahun 2017.

 

  1. Kinerja Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi dalam rangka Pembangnan Desa Tahun Anggaran 2016 s.d Semester I 2017 oleh Dinas PMD dan Kecamatan pada Pemerintah Kabupaten Minahasa dan pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Tujuan :  Menilai efektivitas Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi dalam rangka Pembangunan Desa TA 2016 dan Semester I TA 2017 oleh Dinas PMD serta Kecamatan.

Kesimpulan : Pembinaan monitoring dan evaluasi dalam rangka Pembangunan Desa oleh Dinas PMD serta Kecamatan pada Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara kurang efektif dalam aspek peraturan dan perencanaan, kelembagaan, tata laksana, dan sumber daya, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi.

 

Setelah pemamaparan tentang tugas, fungsi dan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara semester II Tahun 2017, dilanjutkan dengan tanya jawab.  Sebelum acara berakhir, dilakukan penyerahan cindra mata baik dari BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, maupun dari pihak Manado Pos Group dan diakhiri acara photo bersama dan ramah tamah.