Kamis, 14 Desember 2017 

KEGIATAN MEDIA WORKSHOP PADA BPK PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI UTARA

06/10/2017 – 13:49

Manado, Kamis (5 Oktober 2017) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan salah satu agenda strategis BPK yaitu Media Workshop. Tema pada kegiatan Media Workshop kali ini “Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara atas LKPD Provinsi/Kabupaten/Kota TA. 2016”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 4 Oktober 2017. Hadir dalam acara Media Workshop pihak media cetak, media elektronik dan media online yang ada di Sulawesi Utara. Sedangkan hadir dari BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Perwakilan, Kepala Subauditorat Sulawesi Utara I dan II, Kepala Sekretariat Perwakilan, Kasubbag Hukum, kasubbag Humas dan TU Kepala Perwakilan dan beberapa orang staf Subbag Humas dan TU  kepala Perwakilan serta pegawai lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara Media Workshop diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa, selanjutnya sambutan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara Drs. Tangga Muliaman Purba, M.M. Dalam sambutan pembukaan, Kepala Perwakilan mengatakan bahwa berdasarkan UU No 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan  Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, pada:

  1. Pasal 17 ayat (2) Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan oleh BPK kepada DPRD selambat-lambatnya 2 (2) bulan setelah menerima laporan keungan pemerintah daerah.
  2. Pasal 17 ayat (3) Laporan hasil pemeriksaan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) disampaikan pula kepada gubernur/bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya.
  3. Pasal 19 ayat (1) laporan hasil pemeriksaan yang telah disampaikan kepada lembaga perwakilan, dinyatakan terbuka untuk umum.

 

Sejalan dengan UU No. 15 Tahun 2004, serta Peraturan BPK No. 3 tahun 2011 tentang Pengelolaan Informasi Publik pada badan Pemeriksa Keuangan, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara mengadakan acara Media Workshop sebagai sarana penyampaian imformasi kepada para insan pers yang ada di Sulawesi Utara . Kegiatan Media Workshop bertujuan untuk menyampaikan informasi pelaksanaan tugas pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dan menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan para insan pers yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

 

Bertindak sebagai narasumber acara ini Kepala Perwakilan Drs. Tangga Muliaman Purba M.M, Kepala Sub Auditorat Sulawesi Utara I Ida Irawati, S.E., A.Adm. Pemb., Ak., C.A, Kepala Sub Auditorat Sulawesi Utara II Amin Adab Bangun, S.E., M., Si., Ak., C.A dan Kepala Sub Bagian Hukum AG Dwi haryanto, S.H sebagai moderator. Kepala Perwakilan dalam materinya memaparkan gambaran umum BPK antara lain meliputi: Kelembagaan BPK, Latar Belakang Pemeriksaan BPK, Visi dan Misi BPK, Peran BPK dalam pemeriksaan keuangan daerah, definisi dan tujuan pemeriksaan, produk hasil pemeriksaan keuangan, komponen laporang keuangan, pengertian opini dan jenis opini serta perkembangan opini pemerintah daerah 5 tahun terakhir. Sedangkan Kepala Sub Auditorat I dan II memaparkan hasil pemeriksaan LKPD TA. 2016 antara lain meliputi: Perkembangan positif yang telah dicapai pemerintah daerah di Sulawesi Utara, kelompok temuan SPI dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan, dan permasalahan dalam LKPD TA. 2016. Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dipandu oleh moderator dan ditutup oleh MC.