Rabu, 15 Agustus 2018 

Survei ADKAR Tahun 2016, Pemaparan Renstra dan RIR BPK Tahun 2016-2020 oleh Direktorat PSMK

04/10/2016 – 08:03

Manado, 21 September 2016. BPK melalui Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja (Dit. PSMK) melakukan Survei Awareness, Desire, Knowledge, Ability, Reinforcement (ADKAR). Survei ADKAR ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk monitoring atas implementasi Rencana Strategis BPK yang telah ditetapkan sebelumnya. Survei ini juga dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi terbaru di organisasi terkait perkembangan hasil atas kegiatan atau adopsi yang telah dilakukan yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar atas penyusunan kegiatan pengubahan yang akan dilakukan dalam mewujudkan manfaat untuk mendukung pencapaian tujuan strategis Renstra 2016-2020.

Objek survei  ADKAR 2016 adalah Peningkatan Pengelolaan Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan, Peningkatan Kapasitas Pemeriksaan Kinerja, Peningkatan Mutu Laporan Rekomendasi Hasil dan Penyempurnaan Kode Etik dan Pengembangan Perangkatnya.

Bersamaan dengan pelaksanaan survei, Direktorat PSMK juga mensosialisasikan Renstra BPK dan Rencana Implementasi Renstra (RIR) 2016-2020 sebagai bagian dari kegiatan internalisasi kepada pegawai. Sosialisasi yang dilakukan PSMK tersebut yaitu untuk menginformasikan dan menyebarluaskan mengenai Renstra dan RIR BPK kepada seluruh pelaksana BPK sehingga seluruh jajaran pegawai di lingkungan BPK RI lebih mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan sasaran strategis BPK dalam mendukung pencapaian tujuan strategis BPK pada Renstra BPK 2016—2020.