Rabu, 23 Mei 2018 

Kunjungan Kerja Ketua BPK RI di Provinsi Sulawesi Utara

27/03/2009 – 15:19

img_0351Pada tanggal 1-3 April 2009, Ketua BPK RI Prof. Dr. Anwar Nasution melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Utara. Rangkaian kegiatan tersebut diawali pada hari Rabu, 1 April 2009 dengan Kuliah Umum di Aula Lantai IV Kantor Pusat Universitas Sam Ratulangi dengan tema “Krisis Ekonomi Global dan Indonesia” yang dihadiri sekitar 200 peserta. Acara Kuliah Umum dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Donald A. Rumokoy, S.H., M.H.
Dalam kuliahnya, Prof. Dr. Anwar Nasution memaparkan terjadinya krisis ekonomi global serta dampaknya terhadap Indonesia, yaitu pada sektor keuangan, penurunan nilai ekspor, peningkatan pengangguran serta nilai jaminan atas deposit pada perbankan. Meskipun begitu, beberapa hal yang bisa dilakukan Indonesia dalam menghadapi krisis ekonomi global ini diantaranya pembangunan struktur keuangan regional dan perbankan, serta bekerjasama dengan negara-negara lain agar bisa meningkatkan pembangunan infrastruktur.
Di hari berikutnya Kamis, 2 April 2009 diadakan Dialog Publik dengan tema “Mendorong Terciptanya Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara/Daerah” di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara. Mendampingi Ketua BPK sebagai pembicara pada Dialog Publik ini adalah Adriansyah, Direktur Jendral Perimbangan Keuangan Direktorat Kebudayaan dan Kapasitas Daerah Departemen Keuangan Republik Indonesia dan Bambang Pamungkas, Direktur Fasilitas dan Pertanggungjawaban Pengawasan Keuangan Daerah Dirjen JAKD Departemen Dalam Negeri. Selaku moderator adalah Dr. Noldy Tuerah dari Pemprov. Sulawesi Utara.
Acara ini dihadiri sekitar 475 orang dari jajaran Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara, Ketua DPRD, Muspida, Sekretaris Daerah, Instansi Vertikal, Pejabat Perbankan, Akademisi Provinsi Sulawesi Utara, Tokoh Agama/Masyarakat, PPK, Bendahara dan PPTK. Dalam Dialog Publik Prof. Dr. Anwar Nasution menekankan pada pentingnya perbaikan pengelolaan keuangan negara dalam era reformasi dan menghimbau agar laporan keuangan disajikan secara wajar dan sesuai dengan standar akuntansi. Seusai kegiatan Dialog Publik diadakan konferensi pers yang dihadiri 23 wartawan dari media cetak dan elektronik lokal maupun nasional.
Pagi harinya Jum’at, 3 April 2009 rangkaian kegiatan kunjungan Ketua BPK RI di Sulawesi Utara ditutup dengan acara tatap muka serta peninjauan ruangan kerja di BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.