Minggu, 16 Desember 2018 

BPK Adakan Workshop Implementasi Anggaran Pendidikan dan Kesehatan se-Provinsi Sulut

16/03/2013 – 13:42

RD

 

Manado, Kamis (15/03) – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) mengadakan Workshop Implementasi Anggaran Pendidikan dan Kesehatan se-Provinsi Sulawesi Utara. Acara yang dipimpin langsung oleh Anggota VI BPKDr. H. Rizal Djalil dan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi UtaraBeni Ruslandi, S.E., M.Com., Ak. ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara, Para Bupati dan Walikota, Para Kepala DPPKAD dan Inspektur, Para Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga dan Para Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan Para Kepala Sekolah, serta Para Direktur RSUD se-Provinsi Sulawesi Utara.

Anggota VI BPK RI dalam pemaparannya mengunmgkapkan bahwa kegiatan ini berlangsung dalam rangka melaksanakan amanat UUD 1945 yang menyebutkan bahwa tujuan Negara Indonesia  diantaranya adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 49 ayat (1), serta Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 .

Melalui kegiatan ini BPK mengharapkan nantinya Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulut akan lebih memahami isu pendidikan dan kesehatan pada masyarakat Sulut. Diharapkan pula Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara dapat menyukseskan program Pemerintah Pusat di bidang Pendidikan dan Kesehatan seperti program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang diharapkan mampu menyediakan bantuan bagi sekitar 14,2 juta siswa dan mahasiswa kurang mampu.

Dalam Workshop ini disinggung pula mengenai kesepakatan sebanyak 189 negara di dunia yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menandatangani kesepakatan “MDGs (Millenium Development Goals) yang mana inti dari kesepakatan tersebut adalah pembangunan yang harus memenuhi  hak masyarakat dengan memenuhi delapan (8) tujuan utama yang akan dicapai hingga tahun 2015. Kedelapan tujuan utama dimaksud adalah:

  1. Menanggulangi kemiskinan & kelaparan;
  2. Mencapai pendidikan dasar untuk semua;
  3. Mendorong kesetaraan gender & pemberdayaan perempuan;
  4. Menurunkan angka kematian anak;
  5. Meningkatkan kesehatan Ibu;
  6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria & Penyakit Menular lainnya;
  7. Menjamin kelestarian lingkungan hidup;
  8. Mengembangkan kemitraan global utk pembangunan;

Selanjutnya kedelapan tujuan utama ini dibagi kedalam 12 Target dan masing-masing target memiliki indikator keberhasilan. Kemudian dipaparkan pula terkait angka alokasi Program BSM pada masing-masing Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulut, serta angka indeks capaian MDGs se-Provinsi Sulut.  (YN)